Pantai Sawarna Saat ini

Tak Seindah Dulu Namun Tetap Mempesona

Hello Traveler .. gak kerasa udah satu bulan saya ga nulis2 di blog ini, maklum orang sibuk 😀 alias sengaja menyibukan diri biar keliatan orang sibuk 😀

Kali ini saya mau bercerita tentang perjalan kecil saya yang kali ini bersama kawan saya mengunjungi salah satu pantai di selatan Banten, apalagi kalau bukan pantai Sawarna, pantai yang sudah tidak asing bagi kalangan pecinta pantai, Sawarna merupakan salahsatu pantai yang terindah di Provinsi Banten.

Tapi itu dulu, kenapa saya bekata demikian? Karena saya masih ingat persis, sekitar dua tahun lalu saya mengunjungi pantai ini suasananya masih terasa tenang dan bersih, beda sekali dengan Sawarna yang sekarang, begitu membludaknya wisatawan kesini yang tentunya mengakibatkan banyak sekali perubahan yang terlihat di kawasan pantai Sawarna ini, terutama masalah kebersihan pantai dan penataan sarana dan prasarananya.

Bukannya lebih bersih dan rapi, malah sebaliknya pantai Sawarna ini terlihat semakin kotor oleh banyaknya sekali sampah yang dibuang sembarangan oleh pengunjung yang entah manusia macam apa yang tega melakukan itu terhadap keindahnya pantai yang polos ini.

Selain masalah kebersihan, lain lagi masalah penataan sarana dan prasarana di kawasan pantai Sawarna ini, bukanya semakin rapi malah semakin semerawut, mulai dari Penginapan/Homestay yang di sediakan oleh penduduk sekitar maupun Warung pinggir pantai yang menjajakan dagangannya sekaligus manyediakan tempat beristirahat bagi para wisatawan yang menginginkan suasana tepi pantai dengan harga yang lebih terjangkau pastinya, dibandingkan dengan menginap di Homestay/Penginapan warga, serta juga dengan masalah lahan parkir yang masih terbatas dan tidak tertata dengan semestinya.

Semua itu bukanya harus ditutup atau dihilangkan, tapi harusnya lebih ditertibkan , harus ada kesadaran dari kedubelah pihak, baik itu dari warga sekitar sebagai penyedia/pengelola pantai, dan juga kesadaran dari wisatawan yang seharusnya lebih dewasa dalam berwisata, dengan tidak membuang sampah sembarangan dan juga tidak merusak fasilitas umum yang telah di sediakan di pantai ini.

Tapi ya sudahlahlah, buat apa di ributkan, nanti juga pada sadar sendiri kalo sudah terlihat dampaknya, sekarang ini yang terpenting kita saling mengingatkan dan ada kesadaran dalam diri untuk lebih menjaga tempat wisata yang kita kunjungi, agar kelak, suasana di tempat tersebut masih seperti apa yang kita rasakan saat itu.

Istirahat Sejenak di Perjalanan

Perjalanan kali ini saya mulai dari kota Cianjur, memang untuk saat ini saya tinggal di kota bersemi ini, maka itu semua perjalananku di tahun ini dimulai dari kota yang terkenal dengan Tauconya ini.

Tepat pukul 12 siang pada saat matahari juga tepat di atas kepala, lebih tepatnya di atas ubun-ubun 😀 kami mulai perjalanan menuju kota sukabumi, kenapa kami memulai perjalanan pukul 12 pas? Sebenarnya tidak ada alasan yang pasti kenapa kami mulai perjalanan pukul 12 siang, karena suka aja 😀

kami melewati kota yang terkenal dengan ketenangan dan kesunyian ini, masih seperti biasa, sukabumi agak terlihat lengang kali ini, mungkin karena masih jam kerja jadinya belum terlihat adanya kemacetan yang biasanya rutin terjadi kota Sukabumi ini, mungkin lain lagi kalo saya melintas di kota ini di pagi atau sore hari, kalian tau sendiri, beberapa tahun ini Sukabumi mulai menjadi kawasan industry yang cukup pesat, jadi ya sudah bisa di pastikan kalo kalian melawati koata ini dan salah waktu, maka kalian akan terjebak di tengah kemacetan yang sangat menyebalkan.

Untung saja jalanan yang kami lalui cukup lancar tanpa hambatan yang berarti, kami melewati jalanan ke arah pelabujhan ratu. Kondisi disini juga tidak ada yang berubah, mungkin hanya jalannya saja yang sudah lebih mulus, karena lubang jalan yang biasanya menyambut para pejalan kali ini sudah ditutup dengan aspal yang lebih padat dan halus. Sehingga perjalanan saya kali ini lebih cepat dari yang diprediksi.

Sampai juga di Pelabuhan ratu, inilah pusat pemerintahan kota Sukabumi yang cukup hidup dan menggeliat. sarana dan prasarana umum di kota Pelabuhan ratu ini sudah cukup lengkap, malah mungkin lebih lengkap dari kota yang saya tinggali saat ini 😀

Perjalanan kami lanjutkan, setelah melewati Pelabuhan ratu yang sepanjang jalan di dominasi oleh pesisir pantai, yang akhir ini terlihat sudah cukup rapi dari biasanya. Setelah itu kami mulai melewati jalanan berkelok dan menurun, ditambah jalanan menanjak, lengkap sudah medan perjalanan yang kami lalui di perjalanan kali ini.

Tapi yang membuat saya nyaman saat melewati jalur ini, jalanan dari arah Pelabuhan ratu kearah Bayah Lebak sampai ke Pantai Sawarna saat ini sudah begitu mulus, semulus koruptor kelas kakap melancarkan misinya. 😀 , sehingga waktu tidak terasa begitu lama, karena kita tidak akan terganggu dengan banyaknya lobang jalan yang dapat membahayakan pengendara.

Perjalanan Menuju Pantai

Selain itu pemandangan di sepanjang jalan menuju pantai sawarna ini cukup indah, di dominasi oleh pohon-pohon besar yang cukup membuat teduh perjalanan saya.

Suasana Pinggir Pantai

Sungguh Suasana Yang Indah

Adem Banget disini 🙂

Setelah hampir 5 jam melakukan perjalanan, kurang lebih pukul 5 sore akhirnya sampai juga di pantai Sawarna. Pas sekali bertepatan dengan suasana senja yang mulai merona. Sungguh indah suasana Sunset di Pantai Sawarna.

Muara Sungai Pantai Sawarna

Sisi Utara Pantai Sawarna

Menuju Senja

Senja Mulai Menepi kePeraduan

Kondisi pantainya? Ya yang seperti saya ceritakan di atas tadi, berkesan sekaligus kecewa, jadi? Mari kita berlibur, sekaligus menjaga tempat yang kita singgahi, dimanapun itu. Agar kelak anak cucu kita dapat merasakan, betapa indahnya berlibur ketempat yang telah ayahnya singgahi di waktu dulu. 😀

Terimakasih Telah Berkunjung Ke Blog Kami

2 thoughts on “Pantai Sawarna Saat ini”