8 Tips Mendaki Gunung Saat Musim Hujan

SONY DSC

 

Hujan Bukanlah Penghalang

 

Musim hujan bagi para penggiat alam bebas tentu akan sedikit menyurutkan niat dan mental mendaki gunung. Namun apabila Anda tetap ingin mendaki gunung dan memenuhi panggilan jiwa dan hati sebagai petualang pantang menyerah, perhatikan hal – hal berikut ini sebelum berangkat mendaki di musim hujan

 

 

  1. Simpan Barang Bawaan Dalam Plastik Kedap Udara.

packing
Sebagai langkah antisipasi seluruh barang bawaan basah karena terguyur hujan, ada baiknya menyimpan barang bawaan dalam plastik. Pilihlah plastik kedap udara agar air sama sekali tidak masuk membasahi barang. Utamakan menyimpan gadget dan pakaian dalam plastik dan usahakan terpisah.

 

2. Kenakan Pakaian Hangat.

jacket

Ketika musim hujan, angin biasanya berhembus cukup kencang. Supaya terhindar masuk angin yang bisa mengakibatkan tubuh tidak fit, sebaiknya gunakan pakaian hangat sebelum mendaki.

 

3. Bawalah Bekal Makanan Yang Banyak.

makanan saat di gunung

Saat hujan tiba, perut akan lebih sering merasa lapar. Demi tubuh sehat dan tidak mudah sakit, bawalah makanan yang cukup untuk pendakian. Jangan sampai Anda kelaparan di tengah hujan dan pendakian.

 

4. Siapkan Ponco.

poco gunung

Jika sudah ada tanda – tanda air hujan akan turun, segera kenakan jas hujan atau ponco. Gunanya tentu untuk melindungi tubuh terkena langsung air hujan yang turun deras.

 

5. Pakailah Sepatu Boots.

sepatu gunung

Sepatu boots jadi alas kaki terbaik untuk dikenakan ketika musim hujan tiba. Dengan menggunakan sepatu ini, Anda jadi bisa melangkah dengan nyaman tanpa kuatir air masuk ke dalam sepatu. Selain itu, kaki pun akan terasa lebih hangat.

 

6. Gunakan Gaiter.

gaiters

Saat musim penghujan biasanya binatang pacet akan mulai bermunculan. Tentunya ini akan menjadi rintangan sendiri yang harus dihadapi pendaki. Dengan memakai gaiter, setidaknya dapat mengurangi serangan binatang pacet yang sering menempel di kaki.

 

7. Gunakan Trekking Pole.

tips-mendaki

Ketika hujan, tanah tentu menjadi lebih licin dan sangat beresiko terpeleset atau tergelincir. Penggunaan trekking pole atau tongkat pendakian bisa sangat membantu atau jika tidak ada anda juga bisa menggunakan ranting pepohonan yang telah patah.

 

8. Jangan Berkemah bila cuaca tidak memungkinkan.

kemah di gunung

Berkemah di gunung saat musim hujan akan terasa sangat tidak nyaman. Apalagi jika ada banyak perlengkapan yang basah seperti pakaian, tas, sepatu dan sebagainya. Rembesan air juga menjadi salah satu gangguan ketika barang bersentuhan dengan tenda. Untuk itu, perlu menentukan gunung yang tepat dengan rute yang tidak terlalu panjang

 

 

Terimakasih Telah Berkunjung Ke Blog Kami

 

Advertisements

One thought on “8 Tips Mendaki Gunung Saat Musim Hujan”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s