Tips Memilih Tenda Camping

tenda TNF

Tenda Kita Rumah Kita

Sebagai pecinta alam yang punya hobi mendaki gunung atau petualangan di alam bebas, salah satu perlengkapan yang wajib dimiliki adalah tenda. Tenda outdoor ini berguna untuk melindungi Anda dari terik matahari, udara dingin, atau hujan saat harus menginap di alam bebas. Banyak ragam tenda yang dijual di pasaran, tinggal memilih yang sesuai dengan kebutuhan. dan untuk memperoleh tenda yang tepat sebaiknya perhatikan hal-hal berikut:

Merk / Brand

Hal Pertama yang harus diperhatikan dalam membeli / mencari tenda adalah merk / brand. Tidak dapat dipungkiri bahwa brand mempunyai arti besar terkait dengan kualitas. Brand-brand besar biasanya sudah mempunyai tim riset dan penguji yang handal untuk produk mereka sehingga sedikit banyak produk mereka bisa kita andalkan. Brand brand lokal yang cukup recommended antara lain Eiger dan Consina sementara untuk produk import antara lain lafuma dan luxe.

Harga

Sesuaikan tenda yang dibeli dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki, umumnya tenda dengan kualitas yang baik mempunyai harga yang cukup mahal, untuk saat ini sekitar 1 – 1,5 juta rupiah bisa dikatakan harga yang wajar untuk sebuah tenda yang baik.

Bahan Tenda

Pilih tenda dengan material dari nylon. Tenda berbahan katun hanya cocok untuk camping di dataran rendah. Jika dipaksakan untuk di gunung justru tidak akan berfungsi maksimal.

bentuk-tenda

Flysheet / Layer

Tenda untuk aktivitas pendakian gunung harus memiliki flysheet atau pelindung tenda bagian dalam dari hujan. Pilihlah Tenda Gunung yang mempunyai double layer karena secara umum tenda dengan double layer lebih baik dari pada single layer. Ukuran flysheet seharusnya lebih besar sedikit dari ukuran tenda, sehingga bisa membungkus seluruh tenda hingga ke tanah. Jarak flysheet dengan tenda adalah satu jengkal dan hindari pemasangan sembarangan dengan menempelkannya begitu saja. Karena jika terjadi hujan, maka flysheet yang basah justru akan membuat air merembes ke tenda.

Tali Pengencang Guylines

Tenda untuk pendakian gunung selalu dilengkapi dengan tali-tali pengencang. Fungsinya adalah menahan tenda saat dihantam angin kencang atau rintikan hujan deras. Tali-tali ini juga memiliki fungsi mencegah rangka/frame tenda tidak patah.

TNF summit series

Teras

Beberapa tenda menyediakan penutup pintu yang bisa ditarik ke atas sehingga menjadi teras atau vestibuleTeras tenda ini memiliki fungsi untuk menyimpan barang bawaan, selain itu bisa juga digunakan untuk area memasak di luar tenda. Umumnya tenda dengan kapasitas diatas 4  orang mempunyai teras walaupun beberapa seri dari eiger yang berkapasitas 2 orang juga mempunyai teras.

Alas Tenda

Perhatikan bagian alas tenda, tenda yang alasnya berbahan nylon meski tipis cukup aman dalam menahan rembesan air. Sebaliknya bahan terpal yang lebih tebal tidak selalu terbebas dari rembesan air. Sebaiknya Anda memilih area yang relatif kering untuk mendirikan tenda dan bikin parit kecil di sekeliling tenda agar air tidak berembes ke alas. Alternatif lain, belilah footprint – kain khusus yang digunakan sebagai alas tenda.

Bobot dan Dimensi

Pilihlah tenda yang memiliki ukuran relatif kecil untuk dipakai sendiri atau berdua. Yang pasti perhatikan bobotnya relatif enteng saat dimasukkan ke dalam ransel atau tas carrier.

tenda-dome

Bentuk tenda

Tenda dome untuk aktivitas outdoor memiliki beragam bentuk, diantaranya bola terpotong setengah, tunnel ( terowongan ), bentuk geodesic, kubah ( A-Frame ). Sesuaikan bentuk tenda ini dengan aktivitas yang  akan Anda jalani dan untuk menampung berapa orang.

Rangka tenda

Rangka/frame tenda berbahan serat atau  fiberglass mudah retak, apalagi jika terkena angin yang kencang. Rangka jenis ini pun seringkali merusak kain tenda dan kurang kokoh, meski harganya relatif lebih murah. Jika Anda ingin yang lebih steadypilih tenda berangka aluminium karena selain enteng juga lebih kuat menyangga tenda.

Sumber : Jejak Rover

Terimakasih Telah Berkunjung Ke Blog Kami

Advertisements

One thought on “Tips Memilih Tenda Camping”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s