10 Tempat Terbaik Untuk Panjat Tebing di Indonesia

Rock Climbing

 

Yang Suka Dengan Rock Climbing Wajib Cobain Tebing-Tebing ini

  Panjat Tebing atau istilah asingnya dikenal dengan Rock Climbing merupakan salah satu dari sekian banyak olah raga alam bebas dan merupakan salah satu bagian dari mendaki gunung yang tidak bisa dilakukan dengan cara berjalan kaki melainkan harus menggunakan peralatan dan teknik-teknik tertentu untuk bisa melewatinya. Pada umumnya panjat tebing dilakukan pada daerah yang berkontur batuan tebing dengan sudut kemiringan mencapai lebih dari 45° dan mempunyai tingkat kesulitan tertentu. Di Indonesia sendiri banyak di temui tebing-tebing yang cocok dan sesuai untuk olah raga ini. Dan berikut ini adalah 10 tempat terbaik untuk panjat tebing yang ada di berbagai daerah di Indonesia:

1. Tebing Lembah Harau – Sumatera Barat

lembah harau

Lembah Harau adalah sebuah ngarai dekat kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh kota, Propinsi Sumatera barat. Disini terdapat puluhan jalur yang dapat di panjat sebagai sarana Sport Climbing yang terdiri dari beberapa komplek pemanjatan. Dengan ketinggian mulai dari 80 sampai 300 meter

2. Tebing Gunung Padang – Sumatera Barat

tebing padang

Gunung Padang yang terletak di Kota Padang, Sumatera Barat. Tebing ini terbentuk dari batuan basal dengan ketinggian 30 meter.  Dan memiliki tingkat kesulitan yang bervariasi, dan memiliki tonjolan dinding yang sangat minim untuk pegangan.

3. Tebing Citatah – Jawa barat

citatah

Tebing Citatah merupakan kawasan tebing yang terletak di Citatah di Kabupaten Bandung Barat. Citatah memiliki tiga tebing yaitu Tebing Citatah 48, Tebing Citatah 90 dan Tebing Citatah 125. Tebing Citatah 48 memiliki ketinggian sekitar 40–50 meter sehingga di sebut tebing Citatah 48. Sedangkan Tebing Citatah 90 memiliki ketinggian sekitar 90 meter dari permukaan tanah. Dan yang terakhir Tebing Citatah 125 yang memiliki ketinggian tebing 125 meter.

4. Tebing Ciampea – Jawa Barat

ciampea

Tebing ini terletak di desa Ciampea atau sebelah selatan dari pusat kota Bogor. Tebing disini memiliki ketinggian mulai dari 30 sampai 50 meter dan ada lima jalur pendakian yang sudah tersedia. Jalur pendakian Ciampea memiliki tingkat kesulitan yang cukup mudah, sehingga cocok di jadikan sebagai tempat latihan para pemula.

5. Tebing Bongkok – Jawa Barat

tebing bongkok

Tebing ini terletak di desa sukamulya, kabupaten purwakarta, jawa barat. Tebing di sini di dominasi oleh batuan andesit. Sudah ada tiga jalur pemanjatan yang tersedia disini, dengan ketinggian sekitar 40 meter dengan lebar dinding 27 meter dan 25 meter.

6. Tebing Pantai Siung – Yogyakarta

tebing pantai siung

Tebing ini berada di kawasan Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta, dengan ukuran tebing yang tertinggi kurang lebih 15 meter. Di kawasan ini terdapat jalur pemanjatau dengan grade (system penilaian tingkat kesulitan dalam panjat tebing ) yang berbeda-beda, mulai dari 5.9 hingga 5.13. Untuk jalur pemanjatan setidaknya ada 250 jalur yang berpotensi di buat, akan tetapi jalur yang ada saat ini baru 45 jalur.

7. Tebing Uluwatu – Bali

tebing-uluwatu

Tebing Uluwatu memang berbeda dengan yang lain, terletak di pinggir laut di sisi selatan Pulau Bali. Tebing ini memiliki ketinggian berkisar 75-100 meter dan sudah ada beberapa jalur yang bisa untuk di panjat. Untuk tingkat kesulitan tebing Uluwatu sangat bervariasi, dari yang mudah sampai yang sulit. Dan permukaan tebing cenderung tajam-tajam.

8. Tebing Bukit Kelam – Kalimantan Barat

tebing kelam

Tebing ini terletak di Kecamatan Kelam permai, Kabupaten Sintan, Propinsi Kalimantan barat. Bukit kelam adalah tebing dengan batuan andesit yang menjulang hingga ketinggian 900 meter dari permukaan laut, dan memiliki tebing vertical setinggi 600 meter.  

9. Tebing Bambapuang – Sulawesi Selatan

tebing bambapuang

Tebing yang terletak di desa Kotu, Enrekang, Sulawesi Selatan ini memiliki ketinggian 350 meter. Tebing ini sudah menjadi salah satu tebing favorit para pemanjat. Selain ketinggiannya yang cukup tinggi, jalurnya pun cukup menantang untuk di panjat. Dan bila ingin memanjat tebing ini harus memiliki persiapan yang khusus, karena untuk menyelesaikan satu jalur harus ditempuh dalam beberapa hari.

10. Tebing Carstensz Pyramid – Papua

cartenz

Tebing Carstensz Pyramide Pegunungan, Jayawijaya yang terletak di Papua memiliki dinding tebing terjal dari batuan andesit setinggi 200 meter di sisi selatan Lembah Kuning. Tidak semua orang bisa mencapai tebing tersebut, karena terletak di tengan pegunungan paling tinggi di Papua.

Baca Juga: Sejarah Pendaki Gunung Dan Panjat Tebing

Terimakasih Telah Berkunjung Ke Blog Kami

Advertisements

2 thoughts on “10 Tempat Terbaik Untuk Panjat Tebing di Indonesia”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s