10 Taman Bawah Laut Terindah Di Indonesia

1920x1080 Wallpaper
1920×1080 Wallpaper

Yang Suka Diving Dan Snorkeling Wajib Kesini

Indonesia termasuk kedalam kawasan segitiga terumbu karang dunia, maka dari itu laut Indonesia begitu kaya dan begitu lengkapnya. Tak terkecuali dengan kehidupan bawah lautnya, baik itu biota yang hidup di dalamnya maupun pemandangan bawah lautnya yang begitu luar biasa indah. Bagi sobat yang suka dengan dunia air atau hobi menyelam baik itu diving ataupun hanya sekedar snorkeling, kalian bisa mencoba untuk mengunjungi tempat2 berikut ini. dijamin, , pemandangan bawah laut yang di suguhkan akan memanjakan mata.

 

 

1. Taman Laut Bunaken

bunaken

Merupakan taman laut yang terletak di ujung utara Pulau Sulawesi, Taman Laut Bunaken menjadi rumah bagi sekitar 390 spesies koral, berbagai jenis ikan seperti ikan hiu, mandarin fish, ikan pari, kuda laut, kura-kura, mamalia laut seperti ikan duyung (dugong), dan moluska. Salah satu yang terkenal adalah ikan purba raja laut (choelacanth). Dengan luas 75.265 ha yang terdiri dari 97 % laut dan 3 % daratan, Taman Laut Bunaken memiliki 20 titik penyelaman (dive spot) dengan kedalaman bervariasi hingga 1.344 meter. Salah satu pemandangan terindah di Taman Laut Bunaken adalah underwater great walls yang menjadi sumber makanan bagi ikan-ikan di perairan Bunaken.

2. Taman Laut Banda

taman-laut-banda

Taman Laut Banda terletak di Kabupaten Maluku Tengah, di gugusan Pulau Neira, pulang Gunung Api, Pulau Sjahrir, dan Pulau Hatta. Taman Laut Banda yang merupakan salah satu taman laut terindah di dunia memiliki 310 jenis karang pembentuk terumbu, sekitar 871 spesies ikan, serta populasi hiu dan kerapu, termasuk beberapa jenis ikan dan kerang purba yang disuakakan seperti ikan napoleon. Karena keindahannnya, pada tahun 2006 Taman Laut Banda dipilih menjadi Kawasan Warisan Dunia untuk surga bawah laut Indonesia.

3. Taman Laut Wakatobi

wakatobi-1

Taman laut Wakatobi merupakan kawasan taman laut nasional yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Keindahan Taman Laut Wakatobi sudah terkenal hingga ke mancanegara, terutama setelah Ekspedisi Wallacea dari Inggris pada tahun 1995 yang menyebutkan bahwa kawasan Wakatobi ini sangat kaya dengan spesies koral. Di Taman Laut Wakatobi terdapat 750 dari 850 spesies koral yang ada di dunia. Taman Laut Wakatobi memiliki luas area 1,39 juta hektar dengan kedalaman yang bervariasi. Bagian terdalamnya mencapai 1.044 meter. Perairan Wakatobi juga menjadi rumah bagi ikan pari manta yang hanya terdapat di perairan tropis. Di bulan November, perairan Wakatobi pun sering dikunjungi oleh kawanan paus sperma.

4. Taman Laut Raja Ampat

Keindahan-kepulauan-raja-ampat

Kepulauan Raja Ampat terletak di barat laut kepala burung Papua dengan empat pulau utama: Misool, Salawati, Bantata dan Waigeo. Dengan luas area 4 juta hektar tanah dan laut, Taman Laut Raja Ampat dinobatkan menjadi taman laut terbesar di Indonesia. Perairan ini menjadi rumah bagi 537 spesies koral (75% dari total spesies koral di dunia), lebih dari 1000 spesies ikan karang, dan 700 jenis moluska. Beberapa jenis ikan yang dapat Anda jumpai saat menyelami perairan Raja Ampat antara lain adalah ikan pari manta, wobbegong, snapper, tuna, dan barracuda.

5. Taman Laut Kepulauan Derawan

derawan

Pulau Derawan terletak di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Taman Laut Kepulauan Derawan yang memiliki 28 dive spot ini menempati urutan ketiga teratas di dunia sebagai tempat tujuan menyelam bertaraf internasional. Perairannya sungguh kaya akan keanekaragaman hayati. Anda dapat menjumpai 460 jenis terumbu karang dan sekitar 832 spesies ikan karang. Tipe terumbu karang di Kepulauan Derawan ini terdiri dari karang tepi (fringing reef), karang penghalang (barrier reef), dan atol. Di sini kita juga dapat menjumpai berbagai spesies khas dan dilindungi seperti ketam kelapa (birgus latro), paus, lumba-lumba, penyu hijau, penyu sisik, dan ikan dugong. Spesies unik lainnya yang dapat dijumpai adalah pari manta dan pigmy seahorse.

6. Taman Laut Selat Pantar

Selat-Pantar-Alor-

Terletak di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur, keindahan Taman Laut Selat Pantar mampu menarik perhatian para diver dari mancanegara. Taman Laut Selat Pantar meliputi perairan Alor Besar, Alor Kecil, Dulolong, Pulau Buaya, Pulau Kepa, Pulau Ternate, dan Pulau Pura. Taman laut ini memiliki karakteristik gua-gua serta kontur dasar perairan antara 60 hingga 90 derajat dan keunikan arus air di selatnya yang selalu berubah arah. Taman Laut Selat Pantar memiliki 26 titik penyelaman (dive spot). Dive spot yang paling menarik pengunjung adalah Shark Close yang merupakan tempat berkumpulnya ikan hiu.

7. Taman Laut Takabonerate

takabonerate2

Taman laut yang terletak di Sulawesi Selatan, 300 km dari kota Makassar ini merupakan kawasan atol terbesar ketiga di dunia setelah Kwajifein (Kepulauan Marshall) dan Suvadiva (Kepulauan Maladewa). Atol terbentuk dari sisa letusan gunung berapi yang terendam 2.000 meter di bawah permukaan laut. Lama-kelamaan atol tersebut akan membentuk terumbu karang berbentuk bulat serupa cincin yang di atasnya ditumbuhi beraneka tanaman laut. Luas total dari atol di Taman Laut Takabonerate ini adalah 220.000 hektar dengan sebaran terumbu karang seluas 500 km persegi dengan 261 jenis terumbu karang. Di Taman Laut Takabonerate, bagi Anda yang melakukan diving atau snorkeling dapat menjumpai ikan nudi, cuttlefish, barracuda, pari, bump head fish di kedalaman satu meter.

8. Taman Laut Kepulauan Togean

togean

Kepulauan Togean tercatat dalam wilayah Coral Triangle region Indonesia – Filipina. Coral triangle adalah wilayah segitiga perairan laut tropis yang memiliki lebih dari 500 spesies gugusan terumbu karang. Kawasan coral triangle merupakan kawasan konservasi di bawah naungan WWF (World Wide Fund for Nature). Taman Laut Kepulauan Togean memiliki empat tipe terumbu karang yaitu Karang Cincin (Atol), Karang Tompoh (Patch Reef), Karang Tepi (Fringing Reef), dan Karang Penghalang (Barrier Reef) yang terdiri atas sekitar 262 spesies terumbu karang. Taman Laut Kepulauan Togean juga menjadi rumah bagi sekitar 596 jenis ikan, 555 jenis moluska, seperti ikan Kupu-kupu, Paus Pilot, ikan pari manta, hiu Karang Abu-abu, ikan trevally mata besar, kima raksasa, lola (Trachus niloticus), dan dugong. Bila sedang beruntung, Anda dapat menjumpai penyu sisik dan penyu hijau yang sudah tergolong langka.

9. Taman Laut Rubiah

taman-laut-rubiah

Pulau Rubiah terletak di Kota Sabang, Aceh atau tepatnya di barat laut Pulau Weh. Pulau Rubiah yang memiliki luas 2600 hektar ini merupakan benteng pertahanan pasukan Belanda dan Jepang pada masa Perang Dunia II. Arus di perairan Rubiah ini relatif tenang dan sangat jernih (25 meter visibility). Taman Laut Rubiah menjadi habitat bagi berbagai jenis ikan tropis, terumbu karang, kerang raksasa dan biota laut lainnya. Di bulan pertama dan kedua setiap tahunnya, Anda juga bisa menjumpai ikan hiu. Bagi Anda yang tidak bisa menyelam, Anda masih dapat menikmati keindahan Taman Laut Rubiah dengan kapal berkaca yang mengelilingi Rubiah.

10. Taman Laut Karimun Jawa

Karimun-Jawa

Kepulauan Karimun Jawa dapat diakses dari Pelabuhan Kartini, Jepara, atau Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Taman Nasional Karimun Jawa merupakan gugusan kepulauan yang terdiri dari 22 pulau dengan luas area 111.625 Ha. Taman Laut Karimun Jawa memiliki beberapa tipe terumbu karang, yaitu: fringing reef, barrier reef dan beberapa taka (patch reef). Salah satu daya tarik Taman Laut Karimun Jawa adalah karang merah (tubipora musica) dan karang hitam (antiphates ssp) yang sudah tergolong langka. Juga terdapat bangkai kapal yang menjadi habitat ikan karang. Di Taman Laut Karimun Jawa Anda dapat menjumpai 242 jenis ikan hias, penyu hijau, penyu sisik, junai emas, dan keong gelung.

#sumber utama dari klikhotel.com

Terimakasih Telah Berkunjung Ke Blog Kami

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s