10 Gunung Dengan Padang Savana di Indonesia

savana sembalun rinjani

Yang Suka Gunung dan Savana Wajib Kesini

Bagi para Pendaki Gunung pastinya sudah tidak asing dengan Padang Savana indah yang biasanya menemani para pendaki di sepanjang jalur pendakian. tapi bagi kalian yang belum pernah berkunjung ke Padang Savana di dataran tinggi, kalian bisa mencobanya dan datang ke Gunung2 berikut ini:

1. Savana Gunung Guntur

1guntur Gunung Guntur tidak berdiri sendiri sebagai kerucut tunggal, yang mana di bagian puncaknya dicirikan dengan adanya kerucut-kerucut tua bekas titik erupsi yang merupakan satu kelompok besar Gunung Guntur. Dari kelompok besar Gunung Guntur ini nampak dua buah kaldera, yaitu Kaldera Pangkalan di sebelah barat dan Kaldera Gandapura di sebelah timur. Dan Padang Savanna disini hampir tersebar di seluruh lereng gunung Guntur.

2. Savana Tegal Panjang Gunung Papandayan

2savana papandayan Tempat ini mungkin belum begitu diketahui oleh banyak orang. Jarak kurang lebih tiga jam berjalan kaki dari kawasan Pondok Salada, Gunung Papandayan, Garut. Tegal Panjang adalah sebuah lembah sepi dan tersembunyi yang dipenuhi oleh ilalang dan semak-semak. Letaknya yang diapit oleh perbukitan yang masih dipenuhi hutan alami membuat tempat ini tersembunyi dari sekitarnya. Lembah ini cukup luas, mencapai 46 ribu hektare lebih.

3. Savana Gunung Prau

3savana prau Pastinya kalian sudah tidak asing lagi dengan gunung yang satu ini, Gunung Prau memang menyajikan pemandangan yang sangat luar biasa indah. Di gunung ini kita dapat melihat beberapa tumbuhan cantik yang menemani perjalanan mendaki. ada bunga berwarna warni dan juga padang ilalang yang sangat luas. Padang Savana di Gunung Prau lebih di kenal dengan sebutan Bukit Telletubies, karena bentuknya yang berbukit-bukit dan sangat luas seperti pada Film Telletubies.  

4. Savana Gunung Merbabu

4savana merbabu DI Gunung Merbabu ini kita dapat menemukan banyak sekali areal Savana/Sabana yang terbagi oleh beberapa pos pendakian. Di antaranya ada Sabana I dan Sabana II. Sabana I dan Sabana II Merbabu terkenal di kalangan pendaki, bukan hanya karena menjadi pos peristirahatan dari pendakian panjang ataupun bermalam menjelang pendakian ke puncak. namun untuk dinikmati karena pemandangan yang di suguhkan di Sabana Gunung Merbabu ini luar biasa indah.

5. Savana Gunung Sindoro

5savanaSindoro Ada banyak jalur pendakian untuk mencapai ke puncak sindoro, dan Jalur Sikatok/Sigedang merupakan jalur tercepat menuju Puncak Sindoro. Jalur ini melewati sebuah perkebunan teh. Disini terhampar luas dataran yang terdiri dari sabana. Dari kejauhan Anda dapat menikmati beberapa puncak gunung lainnya seperti Sumbing, Merapi dan Merbabu. Samar-samar tampak dikejauhan Puncak Slamet.

6. Savana Gunung Lawu

6savana lawu Jalur pendakian lain yang dapat dijadikan alternatif saat mendaki ke Lawu adalah jalur pendakian lewat candi cetho. Dengan pesona alam yang luar biasa serta suguhan sebuah komplek candi cetho, di sepanjang trek pendakian kalian akan melewati hamparan Sabana yang cukup luas dan begitu indah.

7. Savana Bukit Telletubies Gunung Bromo

7savana bromo Savana Bromo adalah sebuah tempat lapang yang terletak di selatan Gunung Bromo, terletak pada sebuah lembah hijau yang di kelilingi tebing-tebing menjulang tinggi dan beberapa punggungan gunung kecil (Bukit Teletabies).Padang Rumput Bromo yang sangat luas, jika anda datang ke Savanah anda akan merasakan seolah-olah tidak berada di Gunung Bromo. Kontras sekali, karena jalur mencapai savana adalah Lautan Pasir.

8. Savana Cikasur Gunung Argopuro

8savana argopuro Gunung Argopuro yang berperingkat sebagai gunung dengan jalur pendakian terpanjang di Jawa ini memang masih kalah pamor dengan Gunung lain di Jawa Timur. Tetapi jangan salah, pemandangan di Gunung ini tidak kalah indah dengan Gunung lain. karena di Gunung Argopuro ini kalian akan menemukan padang sabana yang mirip dengan oro-oro ombo yang biasa disebut Sabana Cikasur.

9. Savana oro-oro ombo Gunung Semeru

9savana semeru Sebagai gunung berapi tertinggi di Pulau Jawa, Semeru punya padang savana yang sangat indah. Warga lokal menyebutnya Oro-oro Ombo, yang memiliki arti padang rumput yang luas. Tak tanggung-tanggung, luas keseluruhan padang savana ini mencapai 100 hektar. Tumbuhan di oro-oro ombo di dominasi dengan tumbuhan Verbena Brasiliensis yang mirip dengan bunga Lavender.

10. Savana Sembalun Gunung Rinjani

10savana rinjani Bagi kalian yang berencana mendaki Gunung Rinjani, maka kalian harus bersiap dengan pemandangan yang eksotis disana. Dan Sembalun merupakan pintu pendakian menuju puncak Gunung Rinjani dari arah timur. Savana terbentang dari 0 km sampai mendekati pos 3 (kurang lebih 6km). Pemandangan di savanna ini adalah salah satu yang terbaik di Indonesia.

#di ambil dari berbagai sumber

Baca Juga : 12 Padang Savana Terindah di Indonesia

Terimakasih Telah Berkunjung Ke Blog Kami

Advertisements

9 thoughts on “10 Gunung Dengan Padang Savana di Indonesia”

  1. ada yg kelewat min waktu di bromo, cobalah sesekali naik ke tangga bromo, lalu belok kiri trus naik ikuti jalurnya..
    pemandangannya super amazing, ditambah suguhan savana di Lembah Cantigi yg banyak dari ribuan orang berkunjung ke bromo tapi tidak tau tempat ini

    Like

    1. itu nama tempatnya apa? bisa di cari tau , siapa tau bisa di jadikan recomended petualangan berikutnya saat ke bromo 🙂 terimakasih kunjungannya . .

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s