Hewan Yang Dapat di Makan Saat Di Alam Bebas

semut1

Sumber Makanan Dari Hewan Yang Dapat di Manfaatkan Saat Di Alam Bebas

 

Setelah sebelumnya membahas tentang tumbuhan yang dapat di makan di alam bebas, kali ini saya akan membahas tentang sumber makanan dari hewan yang dapat di makan di alam bebas. Jika akan memanfaatkan sumber makanan dari hewan di alam bebas, sebaiknya dengan pembelajaran terlebih dahulu, karena di khawatirkan akan mengganggu ekosistem dan bisa saja membahayakan dirinya sendiri. di sarankan untuk memanfaatkan hewan liar yang tak di lindungi, dan memasakanya dengan benar.
Berikiut ini beberapa hewan yang dapat di manfaatkan untuk dimakan saat di alam bebas tersebut:

1. Larva kumbang

larvakumbang

Mirip seperti ulat, banyak orang geli saat melihat larva kumbang. Tapi siapa kira, di balik tubuhnya yang membuat bulu kuduk bergidik, ia bisa menjadi makanan darurat ketika tersesat dan saat kehabisan makanan di hutan.
Menemukannya pun tidak sulit. Biasanya larva ini hidup di dalam kayu yang membusuk. Mereka bisa disantap langsung namun agar lebih enak bisa di bakar atau di goreng terlebih dahulu.

2. Burung

burung

Semua burung bisa dimakan siapa saja. Pasanglah perangkap burung.tangkap dan kemudian bersihkan. Anda bisa membakarnya di atas api unggun sebelum dimakan.
Tapi ada satu hal yang perlu diperhatikan. Jangan pernah menangkap atau memakan burung yang dilindungi.

3. Rayap

rayap

Sama seperti larva kumbang, banyak di antara traveler yang geli melihat rayap. Tapi sebaiknya buang jauh – jauh perasaan itu jika anda sedang tersesat di hutan dan kehabisan bahan makanan.
Serangga yang biasa ditemukan di kayu ini bisa dimakan. Rayap juga menjadi pilihan makanan yang baik karena mengandung protein yang cukup tinggi.

4. Katak

katak
Ada banyak restoran di luar negeri yang menjadikan katak sebagai bahan makanan. Ini berarti anda pun bisa menjadikan mereka sumber makanan jika tersesat di hutan.
Biasanya bagian yang diambil adalah kaki karena memiliki daging yang tebal. Namun ada hal yang penting diingat sebelum menyantap katak. Jangan lupa untuk menguliti tubuhnya sebelum dimakan.

5. Kadal dan ular

ULAR

Jika bertemu kadal atau ular di hutan, sebaiknya jangan lari dului, bisa jadi ini adalah sumber makanan ketika persediaan anda habis, dengan catatan bukan ular yang berbisa atau membahayakan diri anda sendiri.
Kaki belakang dan ekor kadal adalah bagian terbaik untuk dimakan. Namun jika anda ingin memakan ular, sebaiknya segera potong kepalanya setelah dimatikan karena inilah bagian paling berbahaya.

6. Jangkrik dan Belalang

WL000330

Di beberapa daerah di Indonesia Jangkrik dan Belalang biasa di manfaatkan sebagai Camilan atau makanan khas. Bahkan warga Gunung Kidul di Yogyakarta pun menjadikan belalang sebagai salah satu campuran bahan makanan sehari2.
Ini berarti anda bisa menangkap keduanya untuk bahan makanan jika tersesat di hutan. Hal pertama yang harus dilakukan setelah menangkap adalah melepaskan sayap, kaki dan antena lalu menggoreng atau membakarnya.

7. Semut

semut

Selain jangkrik dan belalang, serangga lain yang bisa anda jadikan bahan makan adalah semut. Di beberapa daerah, semut adalah salah satu makanan yang dianggap paling lezat dan mengandung protein tinggi. Kumpulkan semut yang ada di hutan, kemudian bakar atau pun goreng di atas wadah.

8. Tupai Hutan

tupai

Di beberapa hutan seringkali kita melihat Tupai yang melompat lompat di pepohonan, di situlah sumber makanan yang bisa kita peroleh, dengan memasang penjerat, memanfaatkan batang pohon yang di lumuri lem ataupun dengan ketapel kita bisa mendapatkan Tupai tersebut kemudian membakarnya dan bisa kita nikmati.

#di ambil dari berbagai sumber

Terimakasih Telah Berkunjung Ke Blog Kami

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s