12 Padang Savana Terindah di Indonesia

savana

Petualang Sejati Wajib Datang Kesini

Padang Savana atau biasa orang Indonesia menyebutnya Sabana, adalah padang rumput yang dipenuhi oleh semak/perdu dan diselingi oleh beberapa jenis pohon yang tumbuh menyebar, seperti palem dan akasia. Sistem biotik ini biasanya terbentuk di antara daerah tropis dan subtropis.
Di Indonesia sendiri Sabana banyak tersebar di daaerah Indonesia bagian Timur. Beberapa Sabana di Indonesia, saat ini banyak di jadikan sebagai obyek wisata, karena keindahan sabana memang luar biasa. Berikut ini adalah beberapa Sabana terindah di Indonesia yang bisa anda jadikan sebagai referensi Petualangan anda berikutnya:

1. Savana Baluran – Jawa Timur

baluran

Kawasan Taman Nasional Baluran terletak di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur. Batas wilayah sebelah utara adalah Selat Madura, sebelah timur Selat Bali, sebelah selatan Sungai Bajulmati, dan sebelah barat Sungai Klokoran. Di Taman Nasional ini terdapat berbagai macam tanaman, seperti bakau, hutan rawa, dan padang rumput yang luas tenting. Selain itu di Taman Nasional ini kita bisa melihat berbagai hewan liar seperti Kerbau, Kijang, Banteng, dan Macan tutu yang hidup bebas di alam liar Baluran.

2. Savana Simbalun – Gunung Rinjani

savanna-sembalun-lawang6

Sembalun adalah jalur pendakian Gunung Rinjani di sisi Timur, di jalur pendakian ini kalian akan di sambut oleh padang savanna yang membentang sepanjang 6km. Savana ini terbentang mulai basecamp Sembalun hingga Pos 3 di ketinggian 2.631 mdpl. Pemandangannya sangat menakjubkan, apalagi ketika cuaca cerah. Savana Sembalun inilah yang menjadi daya Tarik dari Gunung Rinjani. Hamparan savana seakan tak ada habisnya. Tanpa pohon, tanpa tempat berteduh. Namun, berada di savana ini akan membawa Anda ke alam lain. Karena padang savananya pula, Rinjani memegang predikat gunung paling cantik di Indonesia. Tak heran gunung ini menjadi tujuan wajib para pecinta alam.

3. Savana Cikasur – Gunung Argopuro

cikasur

Walaupun masih kalah pamor dengan gunung-gunung lain di Indonesia, Gunung Argopuro punya banyak keunikan lain, termasuk padang savana yang tersebar di beberapa tempat. Padang savana yang menghampar luas di sisini seakan2 tak ada habisnya. Pada musim hujan, ilalangnya menimbulkan gradasi hijau tua dan hijau muda yang sangat cantik dipandang mata. Kumpulan ilalang itu lalu menguning ketika musim kemarau tiba. Seringkali kabut juga menghadang, menimbulkan kesan mistis namun tetap menawan. Jika beruntung, Anda bisa menemukan kawanan burung merak di sini.

4. Savana Gunung Merbabu – TNGM

mrbbu

Selain di Gunung Argopuro, Savana atau padang rumput juga dapat di temukan di kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu. Walaupun padang rumput di sini tidak seluas di tempat lain, tapi pemandangannya tidak kalah indahnya. Savana disini juga mudah ditemui di beberapa titik, terutama di lembah dan punggungan setelah menuruni puncak utama Merbabu yang ditandai dengan triangulasi. Atau sebelum menuju puncak utama bila pendakian dari Dusun Genting, Desa Tarubatang, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, karenanya banyak yang bilang Savana Selo.

5. Oro-oro Ombo – Gunung Semeru

oro-oro-ombo-mahameru-semeru

Sebagai gunung berapi tertinggi di Pulau Jawa, Semeru punya padang savana yang sangat indah. Warga lokal menyebutnya Oro-oro Ombo, yang memiliki arti ‘padang rumput yang luas. Tak tanggung-tanggung, luas keseluruhan padang savana ini mencapai 100 hektar. Setelah melewati padang luas ini, Anda akan memasuki kawasan Cemoro Kandang yang menjadi habitat beberapa jenis burung dan kijang. selain itu gunung Semeru juga didaulat sebagai salah satu yang terindah di Pulau Jawa.

6. Savana Gunung Bromo – Jawa Timur

brmo

Padang Savana Bromo adalah sebuah hamparan padang rumput yang luas yang berada di sisi selatan gunung bromo. Sepintas hamparan padang savana bromo berupa bukit–bukit hijau nan indah yang menyerupai bukit Teletubbies dalam film anak–anak. Padang Savana Bromo di kenal dengan nama Lembah Jemplang. Disana anda akan merasa begitu tenang sejuk dan nyaman karena para pengunjung bisa merasakan pesona keindahan padang rumput savana yang begitu indah.

7. Savana Pulau Kenawa – NTB

kenawa

Pulau Kenawa adalah pulau kecil yang masih berada di daerah Sumbawa Barat NTB. Pulau ini terkenal dengan keindahan Pantainya, dan juga tidak ketinggalan yaitu Pemandangan Savanaya yang indah, Padang savanna di pulau Kenawa merupakan padang Savana yang sangat unik, karena berada di Pulau/di tengah lautan, ya inilah pulau Kenawa, Pulau dengan sejuta keindahan yang ada di dalamnya. Di pulau Kenawa ini kalian bisa menikmati dua pemandangan sekaligus, yaitu pantai Kenawa yang cantik, serta padang Savana yang mempesona.

8. Savana Tanjung Ringgit – Lombok

TANJUNG RINGGIT 1-s

Masih dari Lombok NTB, selain Savana di pulau kenawa, Pulau Lombok juga masih mempunyai padang savana terkenal yang lain, di antaranya di Tanjung Ringgit ini. Di Tanjung ringgit ini, kita juga bisa menikmati pemandangan pantai yang indah dari atas hamparan padang savanna yang luas. Kombinasi pemandangan tebing pantai yang curam dengan hamparan savanna yang luas inilah yang membuat Tanjung Ringgit begitu mempesona.

9. Savana Sumba Timur – NTT

SONY DSC

Sumba timur merupakan daerah padang rumput yang terluas di Indonesia timur. Di sini banyak sekali spot2 menarik untuk menikmati hamparan savana yang sangat indah. Kebanyakan padang rumput disini di jadikan sebagai lahan peternakan bagi penduduk sekitar. Banyak sekali hewan yang di bebas liarkan disini seperti Sapi , Kerbau dan Kuda Liar Sumbawa tentunya.

10. Savana Kepulauan Komodo – NTT

Savana-habitat-natural-komodo-dragon-rinca

Siapa si yang tidak kenal dengan kepulauan yang satu ini?
Pemandangan di pulau yang terkenal dengan kadal besar ini memang luar biasa indah, pulau ini di dominasi oleh tumbuhan liar seperti Lontar dan padang ilalang yang sangat luas. Jika kita sedang berkunjung ke pulau ini tidak ada salahnya untuk naik ke atas bukit dan menikmati indahnya perpaduan savana yang luas dan pantai yang indah.

11. Savana Cidaon -Taman Naional Ujung Kuon

cidaon

Padang Rumput ini terletak di depan dermaga Pulau Peucang, disini anda bisa menikmati pemandangan padang rumput yang luar biasa indah. Karena padang rumput disini masih jarang terjamah oleh manusia, selain itu disini juga masih terdapat Banteng liar yang terlihat sedang merumput. Dan jika anda beruntung, anda akan mendapati Badak bercua satu yang merupakan hewan endemik dari Taman Nasiona Ujung Kulon.

12. Savana Sadengan – Banyuwangi

sadengan

Padang Savana Sadengan ini terletak di Kecamatan Tegaldlimo,Kabupaten Banyuwangi. Sadengan merupakan bagian dari Taman Nasiona Alas Purwo. Dengan luas kurang lebih 80 hektar, Di padang rumput ini masih banyak terdapat hewan2 liar. Seperti Banteng,Burung Merak, Rusa, Babi Hutan, Dan Lutung Jawa yang bebas berkeliaran di Padang Rumput Sadengan. Maka dari itu selain Baluran,Padang rumput sadengan juga sering di sebut sebagai Afrikanya Indonesia.

Kunjungi Juga : 10 Gunung Dengan Padang Savana di Indonesia

Terimakasih Telah Berkunjung Ke Blog Kami

Advertisements

21 thoughts on “12 Padang Savana Terindah di Indonesia”

  1. Sembalun, Rinjani emang kece savananya. Kenawa juga, tapi ini warnanya lagi keemasan ya, wkt aku kesana hijau rindang. Baluran sama Merbabu nih katanya mmg kece, tahun ini smg jadi plan kesana..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s