BANJARNEGARA GILAR-GILAR

P9210032

Apa Aja Si Yang Bisa Kamu Lakuin Di Kota Banjarnegara?

 

Pasti sedikit dari Traveler yang tau dengan kota yang satu ini,
jangan salah,walaupun kota ini sebuah kota kecil,yang mungkin kurang begitu di kenal oleh pecinta jalan-jalan tetapi sebenarnya banyak sekali yang bisa kita lakuin di kota yang satu ini,
ada beberapa wisata favorit di kota ini,dan benyak di antaranya berkaitan langsung dengan alam,

Untuk sedikit informasi

Kabupaten Banjarnegara adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Ibukotanya namanya juga Banjarnegara. Kabupaten Banjarnegara terletak di antara 7° 12′ – 7° 31′ Lintang Selatan dan 109° 29′ – 109° 45’50” Bujur Timur. Luas Wilayah Kabupaten Banjarnegara adalah 106.970,997 ha atau 3,10 % dari luas seluruh Wilayah Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Batang di Utara, Kabupaten Wonosobo di Timur, Kabupaten Kebumen di Selatan, dan Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Purbalingga di Barat.
Wisata favorit yang bisa kalian kunjungi jika sedang singgah di kota cantik yang satu ini diantaranya adalah:

Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas (TRMS)

50925822
pada mulanya adalah hutan kota yang dihijaukan sejak tahun 1994.Taman itu diresmikan Jenderal TNI (Purn) Susilo Sudarman(alm), ketika masih menjabat Ketua Paguyuban Seruan Eling Banyumas (Serulingmas), pada 21 Agustus 1997. Sekaligus beliau juga menyumbangkan Harimau yang sekarang telah berkembang biak. Tempat rekreasi ini berada 1 km dari pusat kota Banjarnegara ke arah barat dan bisa dicapai dengan angkutan kota, ojek sepeda motor atau dokar.
Dari taman itu bisa dilihat pemandangan menawan lembah Sungai Serayu, yang bertemu Sungai Merawu dan Palet di sisi barat. Tak jauh dari sana ada Bendungan Banjarcahyana, yang dibangun pemerintah Hindia Belanda tahun 1939. Bendungan berkonstruksi sifon itu menembus ke bawah Kali Merawu dan sampai kini masih berfungsi sebagai irigasi teknis.

Surya Yudha Water Park

article_20120904134334
Adalah taman rekreasi terpadu yang dihadirkan oleh Surya Yudha Group yang mengusung tema wisata keluarga,dengan menggabungkan antara hotel berbintang dan kolam bermain.
Letaknya tidak jauh dari pusat kota Banjarnegara,atau sekitar 15 menit perjalanan kearah utara dari alun-alun kota Banjarnegara.
Surya Yudha water park ini telah dilengkapi 7 kolam dengan 7 variasi kedalaman. Ada kolam 10 cm, 20 cm, 40 cm, hingga 150 cm. Kolam terapi ikan juga tersedia untuk pengunjung yang ingin rileks.
Surya Yudha park Banjarnegara memang terletak tak jauh dari Sungai Serayu. Kondisi alam demikian dimanfaatkan pengelola untuk mengintegrasikan hotel dengan wahana bermain dan bertualang.

Arung Jeram Sungai Serayu

rafting-sungai-serayu
Wisata minat khusus, Arung Jeram ini berada di sungai Serayu yang membelah sepanjang wilayah Kabupaten Banjarnegara. Dimulai dari Desa Tunggoro menuju Desa Singomerto Kecamatan Sigaluh dengan panjang + 12 Km.
Arung Jeram dilokasi ini memiliki Grade yang sangat baik dan banyak diminati oleh para Atlet Arung Jeram. Kelas yang ditawarkan antara lain : excellent, middle, exotic, family fun dan river camp. Wisatawan yang datang akan mendapatkan welcome drink, snack, air mineral, makan, transportasi lokal, kelapa muda, guide, peralatan arung jeram, asuransi dan sertifikat.

Curug Sirawe

img_3148
Tempat wisata ini masih tergolong perawan karena baru segelintir orang luar saja yang pernah berkunjung kesana. Namun, bagi masyarakat yang tinggal di Dusun Bitingan Desa Kepakisan Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, air terjun ini sudah menjadi teman mereka sejak dahulu kala.
Lokasinya berada di sebelah barat dataran tinggi Dieng dan terlihat sangat elok. Dengan tinggi air terjun yang mencapai 80 meter, maka tidaklah mengherankan kalau orang yang baru pertama kali kesana langsung takjub terdiam. Jadi, tidaklah berlebihan kalau banyak pengunjung yang berpendapat bila Curug Sirawe seperti sebuah permata yang tersembunyi di pelosok dusun yang mungkin tidak pernah terdengar oleh orang yang berasal dari daerah lain.

Dataran Tinggi Dieng

Kabut Dieng


Dataran Tinggi Dieng (Dieng Plateu) terletak disebelah timur laut Kota Banjarnegara 55km, merupakan daerah tujuan wisata nomor 2 di Jawa Tengah setelah Borobudur.
Dataran Tinggi Dieng semula merupakan Gunung Berapi yang meletus dengan dahsyat, sekarang puncak gunung terlempar, tinggallah sekarang suatu dataran yang terletak di puncak gunung lebih dikenal dengan sebutan ” DIENG PLATEU”.
Di kawasan dataran tinggi Dieng terdapat beberapa tempat wisata favorit yang diantaranya adalah :
Kawasan candi Arjuna,Kawah Sikidang, Kawah Si Banteng, Kawah Sileri, Kawah Candradimuka, Telaga Balaikumbang, Telaga Medada, Telaga Siwi, Telaga Dringa, Telaga Sinila, Sumur Jala Tunda, Goa Jumut, Gangsiran Asmotoma.

Dawet Ayu Banjarnegara

Dawet_Ayu_Banjarnegara


Sebuah kota pastinya terdapat makanan atau miniman khasnya,dan jika kalian berkunjung ke kota yang satu ini anda wajib mencicipi minuman khasnya yang sudah terkenal se antero negri ini,yaitu Dawet Ayu,
Adalah minuman khas dari Kabupaten Banjarnegara. Dawet Ayu mudah ditemukan di pasar-pasar tradisioanl. Es Dawet Ayu Asli Khas Banjarnegara lezat serta segar dan sangat cocok diminum pada cuaca panas, es dawet dapat diminum panas atau pun dingin dengan menambahkan es batu. Rasanya yang segar, inilah keistimewaan serta keunikan minuman tradisional khas Banjarnegara yang satu ini.

Terimakasih Telah Berkunjung Ke Blog Kami

Advertisements

One thought on “BANJARNEGARA GILAR-GILAR”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s