GUNUNG GEDE

mmmmmm2

Gunung Sejuta Umat Dengan Sejuta Keindahan

Hello kawan. . . apa kabarnya nih? Semoga semuanya sehat dan lancar.amiiin …

Eeemmm ,,udah lama nih ga corat-coret di blog,biasa sedang sibuk dengan petualangannya. 😀
Oia,kali ini saya akan bercerita sedikit tentang perjalanan saya yang kemarin baru saja berpetualang di salah satu gunung yang ada di Jawa Barat, kira” di gunung mana ya?? Eemmmm,,,
Langsung aja yuk kita ke TKP,, 😀

Kemarin tepatnya tgl 25 Desember 2014 saya baru saja berpetualang di salah satu gunung yang pemandangannya sangat-sangat indah,yaitu ke Gunung Gede,pasti sobat udah tau apa dan dimana Gunung Gede itu,, ya iya lah,secara kan gunung ini salah satu gunung paling Favorit bagi para Pendaki yang berdomisili di seputaran Jabodetabek,karena notabene gunung ini sangat dekat dengan kota besar seperti Jakarta,dan akses masuk’nya sangat strategis,maka dari itu gunung ini biasa juga di sebut sebagai gunung Sejuta Umat,karena tidak kurang dari ribuan pendaki perbulan yang silih berganti mendaki gunung ini,hanya demi keluar dari rutinitas kota yang membosankan,atau hanya sekedar menjajal sensasi liar yang di sajikan oleh alam dari gunung yang cantik ini.

Gunung Gede termasuk gunung yang masuk kedalam Taman Nasional Gunung Gede Pangrango,atau biasa di singkat dengan TNGGP,yang secara Administratif masuk kedalam 3 Kabupaten di Provinsi Jawa Barat,yaitu Kab Cianjur,Kab Bogor,dan Kab Sukabumi.

Sedangkan untuk masuk ke kawasan Taman Nasional’nya itu sendiri pengunjung bisa melalui Cibodas Cianjur,dan disini banyak terdapat tempat wisata alam yang sangat indah,seperti Kebun Raya Cibodas,Taman Sakura,Air Terjun,Hutan Lumut,dan masih banyak tempat cantik lainya yang di sediakan di Taman nasional ini.

Itu tadi seputar dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango,Dan sekarang saatnya cerita tentang salah satu Gunung yang ada di dalam Taman Nasional’nya,yaitu Gunung Gede,untuk para pendaki yang ingin menjajal trek pendakian Gunung Gede telah di sediakan 3 jalur resmi,yaitu Jalur Cibodas,Jalur Gunung Putri,dan Jalur Salabintana,semua perizinan pendakian dapat di peroleh di sekretariat TNGGP yang berada di Cibodas Cianjur.

Untuk perizinan pendakian saya kemarin di kenakan retribusi sebesar Rp:22.500 karena bertepatan dengan hari libur natal dan tahun baru,sedangkan untuk jalur pendakianya saya melalui jalur Gunung Putri,karena menurut pengalaman pendakian saya yang sudah” jalur Gunung Putri dirasa lebih seru dan menantang 😀

Pendakian ini sudah saya rencanakan jauh” hari bersama teman” saya,kita semua berjumlah lima orang,tiga orang dari Wonosobo Jawa Tengah,satu dari Jakarta sedangkan saya sendiri dari Cianjur alias tuan rumah 😀

Kami sengaja memilih pendakian pada tgl 25 atau bertepatan dengan libur natal karena sejalan dengan libur kerja dari kami semua jadi tidak akan bentrok atau mengganggu dengan aktifitas yang lainnya.

Meetpoint kami lakukan di Cipanas pada tgl 24,semua anggota sudah lengkap dan mulai mempersiapkan perbekalan selama pendakian nanti,setelah semua dirasa cukup lengkap dan siap kami memutuskan untuk beristirahat sejenak di salah satu hotel di Cipanas,karena jadwal pendakian yang kami tentukan yaitu pada tgl 25 pagi,setelah puas beristirahat dan badan kembali fit tepat pada pukul 05:00 pagi kami mulai meninggalkan hotel dan berngkat menuju Gunung Putri dengan menyarter angkot yang ada di daerah itu,dengan membayar Rp:80.000 akhirnya kami berlima diantar dan sampai di Gunung Putri pada pukul 05:30 atau setengah jam perjalanan dari tempat kami menginap tadi.

Pemeriksaan Simaksi Gunung Putri

Sesampainya di pos pemeriksaan Simaksi kami langsung sarapan sedikit untuk mengembalikan energi agar di pendakian nanti kami semua tetap sehat dan lancar hingga ke puncak.setelah sarapan dan menyerahkan Simaksi,kami langsung berdoa demi keselamatan selama pendakian dan kembali turun dengan selamat,kami langsung mulai trekking tepat pada pukul 07:00 pagi,cuacanya sangat cerah dan bersahabat,sungguh perjalanan yang menyenangkan.

Trek Awal Gunung Gede Via Gunung Putri

aaa2

Pos 3 Gunung Putri

bbbbb2

Istirahat Sejenak

ccc2

ddd2

Pos demi Pos kami lalui sungguh terasa lama untuk bisa sampai ke tempat tujuan pertama kami,yaitu Alun” Suryakencana,waktu sudah menunjukan pukul 13:00,itu tandanya kita telah berjalan selama kurang lebih 7 jam,dan akhirnya kita sampai juga di Alun” Suryakencana dengan selamat.sungguh indah sekali pemandangannya,semua lelah dan rasa malas mulai menghilang ketika mata tertuju pada lembah Suryakencana yang sangat luas dan sejauh mata memandang hanya terlihat hamparan Bunga Edelweis yang sangat cantik.

Selamat Datang Di Lembah SuryaKencana

eeee2

fffff2

Hamparan Bunga Edelweis Nan Indah

gggggggggg2

hhhhhhh2

Kita mulai mengabadikan gambaran alam yang mengagumkan ini dengan kamera masing” tidak terasa sore telah tiba,langit yang awalnya cerah berganti menjadi mendung,dan hujanpun mulai turun dengan derasnya,kami memutuskan untuk berteduh sejenak di bivak yang kami buat agar pakaian dan perlengkapan yang kita bawa tidak basah nantinya.

Hujan Mulai Turun

iiiiii2

Setelah hujan mulau reda baru kami mulai membangun tenda untuk tempat bermalam kami nantinya,waktu demi waktu kami lalui dengan aktifitas camping seperti biasa,seperti mencari air,membuat makan malam dan bersenda gurau bersama teman”.

Tidak terasa malam mulai datang dan hujan belum juga reda,oleh karena itu kami memutuskan untuk pendakian ke Puncak Gede di undur pada esok pagi,dengan harapan bisa melihat Sunrise dari Puncak Gunung Gede.

Menjelang Malam Di SuryaKencana

kkkkkkkk2

waktu yang di tunggu” tiba,ternyata eh ternyata,pagi itu hujan tidak kunjung reda kabutpun kian menebal,dan pada saat itu pula teman” saya memutuskan untuk tetap ke Puncak Gede dengan alasan ini pendakian perdana ke Gunung Gede dan sudah jauh” pula datang dari Jawa Tengah,sedangkan saya dan istri saya memutuskan untuk tetap di Camp sembari menunggu barang” yang sengaja teman” tinggal di tenda.dan akhirnya di temani Kabut tebal teman” saya berhasil sampai ke puncak Gede dan kembali turun dengan selamat hanya dengan waktu 60 menit.

Setelah siang tiba awanpun mulai memudar dan langitpun kembali cerah itu tandanya kami harus bersiap dan berkemas untuk perjalanan turun kembali,jangan sampai kita terjebak hujan dalam perjalanan atau pendakian,karena itu sangat menggagu langkah para pendaki,setelah dirasa cukup,kami mulai perjalanan turun pada pukul 10:00 pagi,dan kami sampai di Bawah pada pukul 12:00 tepat,itu tandanya untuk sampai ke Basecamp kita hanya memerlukan waktu lebih kurang dua jam perjalanan turun dari Suryakencana via Gunung Putri.

Alhamdullilah,,akhirnya perjalanan kami kali ini lancar dan sesuai dengan yang kita harapkan,karna apapun yang kita temui di perjalanan saat ini itulah pelajaran berharga untuk kita terapkan di perjalanan kita berikutnya.

Terimakasih Telah Berkunjung Ke Blog Kami

2 thoughts on “GUNUNG GEDE”