GUNUNG PRAU

Memburu Sunrise Terindah Di Gunung Prau

Hello sahabat traveler semua,. Ga terasa udah lama ga nulis di blog,, 😀 Kali ini saya akan berbagi pengalaman saya yang bulan kemarin baru saja berbackpacker ke salah satu gunung di dataran tinggi Dieng,namanya gunung Prau,ada yang udah pernah kesini? Pasti banyak dari kalian yang udah pernah kesini,sapa si yang ga tau gunung ini,di sini terkenal sekali dengan panorama sunrisenya yang memukau. karena itu bagi pendaki professional gunung Prau sudah menjadi tempat yang wajib dan biasa untuk pendakian setip tahunya,dan bagi para pendaki pemula seperti saya,gunung prau sangatlah cocok dan sangat di rekomendasikan karena jarak tempuh dan trek’nya tidak terlalu susah,kuranglebih hanya 2565 mdpl dan bisa di tempuh dengan waktu pendakian kurang lebih 3 atau sampai 4 jam. Sebagai inforamsi,gunung Prau adalah salah satu dari beberapa gunung di kawasan dataran tinggi Dieng,yang letaknya berbatasan langsung antara kab Wonosobo dan kab Kendal Jawa Tengah,untuk treknya sendiri pendaki bisa melalui jalur Patak Banteng atau jalur Dieng Kulon,dan puncak gunung Prau adalah salah satu yang terluas di Indonesia,spot yang paling bagus di gunung prau adalah saat sunrise dan sunset,terutama pada musim2 kemarau. Saya memulai perjalanan dari Jakarta bersama istri saya,kami menggunakan bus jurusan Jakarta-Wonosobo,tapi kami sengaja transit dulu di Banjarnegara,karna mampir dulu kerumah orang tua dan sekaligus ber istirahat sejenak untuk mempersiapkan perjalanan esok,baru paginya kami melanjutkan perjalanan dari Banjarnegara menuju Wonosobo,jaraknya kurang lebih 100km/dengan waktu perjalanan kurang lebih 1 jam.

Sampai Wonosobo 100_3576_副本_副本 Sesampainya di terminal Mendolo Wonosobo kami langsung melanjutkan perjalanan dengan menaiki angkutan Kota ke tempat penyewaan alat Camping,pastinya yang telah kami kontak sebelumnya,yaitu di daerah Mojo Tengah Wonosobo,setelah itu baru kami melanjutkan perjalanan kembali kearah Dieng menggunakan bus kecil ,setelah perjalanan kurang lebih 1 jam kita sampai di tujuan awal kita yaitu desa Patak Banteng,dan kamipun turun di Balai desa Patak Banteng karna disinilah Basecamp pendakian gunung Prau.

Suasana Basecamp Patakbanteng 100_3565

Foto dulu di pos 1 🙂 1, Setelah kami beristirahat sejenak sekaligus selesai mendaftar untuk pendakian,kami langsung saja berangkat untuk mulai mendaki gunung prau,dimulai melewati perkampungan penduduk,disini jalanan masih enak untuk dilalui karena sudah di cor semen,setelah melewati perkampungan penduduk kali ini jalanan di dominasi oleh bebatuan yang sudah ditata rapi seperti jalanan desa pada umumnya,walaupun sudah mulai menanjak,tapi masih terbilang awal,setelah berjalan kurang lebih ½ jam akhirnya kita sampai do Pos 1,disinilah akhir dari jalan batuan dan masuk ke jalan setapak yang mulai menanjak,di sepanjang jalan kita melewati persawahan penduduk yang tertata rapi,dan kita bisa melihat pemandangan Desa Patak Banteng dari atas.

Sunset dari Pos 2 Gunung Prau 2 Tidak terasa kami sampai di pos 2,disini kita bisa beristirahat sejenak untuk melepas lelah sembari mengisi kembali energi yang telah terkuras dengan memakan bekal yang kita bawa,untuk sampai ke puncak dari pos 2 kurang lebih masih 2 jam perjalanan dan trek semakin menanjak tiada henti,tidak terasa senja mulai reda dan suhu udara mulai menurun yang mengharuskan kami untuk tetap berjalan agar suhu tubuh tetap stabil, Dan singkat cerita akhirnya kamipun sampai di puncak tepat setelah maghrib,walaupun telat dan tidak sesuai prediksi,tapi yang terpenting bisa sampai di puncak dengan selamat dan bisa menikmati keindahan alam dari puncak Gunung Prau. Dari atas puncak Gunung Prau kita bisa melihat gemerlap kota Dieng,Wonosobo dan sekitarnya.sungguh indah sekali kawan..

Dieng Malam Hari Dari Puncak Prau prau night Suhu di kawasan Pegunungan Dieng sangat dingin,bahkan saat musim kemarau bisa mencapai minus 0,dan saking dinginnya di pagi hari kita bisa menemukan butiran es yang oleh warga sekitar biasa di sebut embun upas. Setelah melewati malam yang terasa panjang akibat didera dingin yang membuat kita tidak nyaman untuk beristirahat,akhirnya datang juga waktu yang di tunggu2, yaitu Golden Sunrise,sekitar jam 5 pagi mentari mulai muncul dari peraduan,membiaskan sinarnya ke setiap celah awan yang membuatnya terlihat megah dan mempesona.di selatan kami terlihat dua gunung yang sangat gagah menantang yaitu gunung Sundoro dan Sumbing,dan di sebela tenggara terlihat pula pucuk dari gunung merbabu dan merapi yang begitu memukau.

Moment Sunrise Gunung Prau

p

Recommended Travel Guide and Rent Outdoor Gear :

Kaka Adventure ( Belakang UNSIQ Wonosobo )

Telp: 08562940294

Terimakasih Telah Mengunjungi Blog Kami

5 thoughts on “GUNUNG PRAU”